MUSRENBANG RKPD Tahun 2025 Kecamatan Klambu

Musren1

Pemerintah Kecamatan Klambu pada Senin (05/02/24) telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Tahun 2025. Musrenbang tingkat kecamatan merupakan suatu langkah-langkah dalam penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota. Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui Bapeda menetapkan Tema Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan untuk tahun ini yaitu, "Pemantapan Daya Saing SDM dan Penguatan Reformasi Birokrasi serta Pemajuan Nilai-Nilai Budaya"

Disamping acara utama Musrenbangcam, digelar juga pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga masyarakat Klambu, Bazar UMKM yang mana memamerkan produk unggulan masing-masing Desa di wilayah Kecamatan Klambu. Dalam menunjang tema Musrenbangcam, ditampilkan juga beberapa Tarian kreasi budaya Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Klambu ini dihadiri oleh 5 Anggota DPRD Kab. Grobogan Dapil V, Tim Monitoring dari Bapeda, Forkompimcam, Kepala Desa se Kecamatan Klambu,dan beberapa perwakilan dari TP PKK, Forum anak, dengan total peserta keselurahan kurang lebih 100 orang dari semua unsur.

musren2

Bapak H. Sugeng Prasetyo, S.E sebagai tamu undangan yang mewakili Anggota DPRD Kab. Grobogan Dapil V menerangkan bahwa Musrenbangcam ini merupakan salah satu tugas mereka sebagai wakil rakyat dalam menampung usulan-usulan dari masyarakat yang nantinya menjadi bahan dan pokok pikiran dalam menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta memastikan usulan program prioritas kecamatan.

Sementara itu, Camat Klambu Rustamaji, S.STP, M.Si mengungkapkan bahwa Musrenbang tingkat Kecamatan ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas/bottom-up planning, dimana sebelumnya telah  dilaksanakan Musrenbang pada tingkat desa.        

Dalam kegiatan ini juga disampaikan beberapa Prestasi Pemerintah Kecamatan Klambu yaitu sebagai Juara III dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik tingkat Kecamatan, serta Inovasi guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, diantaranya Pekan Pembayaran Serentak Pajak Bumi Bangunan (PEPES-PBB) dan Si Rencang (Sistem Perencanaan Pembangunan).

Mengakhiri sambutannya Camat Klambu berharap bahwa Musrenbang yang dilaksanakan ini bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban yang dilaksanakan secara seremonia sajal, tetapi harus menghasilkan perencanaan yang dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat di berbagai bidang. Gagal Merencanakan, sama halnya merencanakan kegagalan” imbuhya.

 

musren 3

Kecamatan Klambu sabet Juara 3 Keterbukaan Informasi Publik tingkat Kecamatan

kip

Dalam rangka pelaksanaan UU no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pemerintah Kabupaten Grobogan dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika mengadakan penilaian  Pelayanan Keterbukaan Informasi Publik kepada Organisasi Pemerintah Daerah Se- Kabupaten Grobogan.

Dalam penilaian tersebut Kecamatan Klambu berhasil menempati peringkat 3, setelah Gubug dan Penawangan untuk kategori Kecamatan. Adapun hasil lengkap dari Keterbukaan Informasi Publik (KIP) antar OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan tahun 2023 sebagai berikut peringkat pertama Bapeda, peringkat kedua didapat DPMPTSP dan BPPKAD pada posisi ketiga.

Bupati Grobogan Ibu Hj. Sri Sumarni, SH, MM menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut saat Konser Gempur Rokok Ilegal yang berlangsung di Alun-alun Kabupaten Grobogan (Sabtu, 28 Oktober 2023) yang lalu.

Dengan adanya penghargaan ini, kami akan secara konsisten dalam memberikan Pelayanan Keterbukaan Informasi Publik kepada Masyarakat dengan sebaik-baiknya,  dan semoga menjadi motivasi untuk prestasi-prestasi lainnya.

 

WhatsApp Image 2023 11 22 at 1421201

Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tingkat Kecamatan Klambu

HUT2023 1

Inspektur Upacara HUT Ke 78 Kemerdekaan RI Camat Klambu Rustamaji, S.STP., M.Si.

Panitia HUT Kemerdekaan RI Kecamatan Klambu menggelar Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-78 di Lapangan Desa Klambu Kecamatan Klambu, Kamis (17/08/2023).

Bertindak selaku Inspektur pada upacara pengibaran bendera ini adalah Camat Klambu Rustamaji, S.STP., M.Si. Upacara ini diikuti oleh seluruh ASN se-Kecamatan Klambu, Unsur Linmas Desa, Banser, Guru PAUD/TK, Siswa SD, SMP/MTs dan MA serta undangan lainnya. Tampak hadir juga Kapolsek Klambu, Danramil-05 Kecamatan Klambu, dan Kepala Desa Se-Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan.

Read more ...

Launching PEPES PBB-P2

327977554 500370002244197 8828380504614650147 n

Selasa (31/1/23) Bertempat di Aula Kecamatan Klambu, Camat Klambu Rustamaji, S.STP, M.Si melakukan Sosialisasi dan Launching PEPES (Pekan Pembayaran Serentak) PBB-P2. Program ini merupakan salah satu formulasi dan inovasi Kecamatan sebagai salah satu upaya menggerakkan seluruh komponen masyarakat dalam upaya penyegeraan pembayaran PBB diawal waktu.

Read more ...