droppingair 1
Bupati Grobogan Sri Sumarni melangsungkan monitoring sekaligus menyalurkan bantuan air bersih di di Desa Tunggak, Kecamatan Toroh, Jumat (10/8/2018). Bantuan yang diberikan untuk salah satu desa terdampak kekeringan ini sebanyak lima tangki.

Bupati menyatakan, sejak datangnya kekeringan, pihak BPBD sudah menyalurkan lebih dari 179 tangki air ke berbagai desa. Penyaluran bantuan air bersih akan terus dilakukan sampai bencana kekeringan berakhir.

“Masyarakat saya minta jangan kuatir. Kalau masih butuh bantuan air langsung hubungi BPBD. Alokasi anggaran untuk penyaluran air bersih masih mencukupi,” ujarnya.

Untuk penanganan kekeringan tahun ini, Pemkab Grobogan mengalokasikan dana sekitar Rp 175 juta. Jika dana itu habis akan diambilkan anggaran lagi lewat pos dana tak terduga. Selain dari BPBD, ada juga bantuan air bersih dari pihak luar. Seperti dari PMI, BUMD, Parpol dan organisasi kemasyarakatan.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar bantuan air bersih ini bisa tersebar merata serta mencukupi kebutuhan masyarakat. Mudah-mudahan, dalam waktu dekat sudah turun hujan sehingga bencana kekeringan ini bisa berkurang,” terang bupati.

Sementara itu, Kepala BPBD Grobogan Agus Sulaksono menyatakan, wilayah terbaru yang mengalami kekeringan adalah Desa Bologarang, Kecamatan Penawangan. Sebelumnya, sudah ada 82 desa di 13 kecamatan yang mengalami dampak kekeringan. Dijelaskan, dari 83 desa kekeringan tersebut berasal dari Kecamatan Gabus ada 12 desa, Ngaringan (4), Grobogan (8), Kradenan (14), Kedungjati (4), Pulokulon (13), Geyer (10 desa), Purwodadi (6), Gubug (1), Tawangharjo (4), Wirosari (4), Toroh (2), dan Penawangan (1).

Berdasarkan data bencana yang ada, dari 280 desa/kelurahan yang ada, hampir separuhnya rawan bencana kekeringan. Sementara dari 19 kecamatan, hanya ada empat kecamatan yang relatif aman dari bencana kekeringan. Yakni Kecamatan Godong, Gubug, Klambu dan Tegowanu.

“Hingga hari ini, penyaluran bantuan air bersih masih terus kita lakukan. Prioritasnya untuk yang berat dulu. Kekuatan droping per hari sekitar 9 sampai 12 tangki,” jelasnya.